Monday, March 16, 2015

Lima Alasan Anda Harus Mengunyah Makanan

SALAH satu komponen kunci dari makan adalah mengunyah makanan Anda dengan kesadaran. Hal ini mungkin tampak seperti sebuah konsep sederhana, namun kapan terakhir kali Anda benar-benar sadar mengunyah?
Lain kali Anda mengunyah makanan, perhatikan berapa kali Anda mengunyah dan refleks alami Anda untuk menelan. Di kehidupan serba cepat ini, mungkin Anda tidak sadar hanya biasa mengunyah makanan hanya dua atau tiga kali. Padahal kegiatan mengunyah makanan memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan.
Berikut adalah lima alasan agar Anda menjadi sadar pentingnya mengunyah makanan dengan baik dan benar, sebagaimana dilansir dariUSNews, Kamis (12/3/2015).
Membantu pencernaan
Mengunyah makanan dua atau tiga kali saja tidak baik untuk pencernaan Anda. Semakin banyak Anda mengunyah, makanan akan lebih baik dan mudah dipecah oleh enzim pencernaan yang dikeluarkan sejak makanan ada di mulut Anda. Ketika makanan tidak dicerna dengan benar, risiko kembung bisa terjadi.
Meningkatkan penyerapan nutrisi
Semakin banyak Anda mengunyah, semakin banyak nutrisi yang akan diserap tubuh untuk menyehatkan tubuh kita. Jika Anda benar mengunyah makanan Anda, makanan akan dicerna dan dimetabolisme dengan lebih efektif.
Mengontrol berat badan
Ketika Anda mengunyah secara sadar, Anda akan memperlambat kecepatan makan. Dengan ini, Anda dapat lebih menyadari sinyal rasa lapar dan kenyang, yang dapat menurunkan risiko makan berlebihan. Cobalah mengunyah makanan 15 sampai 30 kali.
Rasakan makanan Anda
Penelitian menunjukkan bahwa banyak orang menyadari gigitan pertama pada makanan kemudian melahap sisa makanan tanpa berpikir. Mengingat rasa memainkan peran penting dalam mengapa Anda memilih salah satu makanan daripada yang lain.
Menghargai makanan Anda
Ketika Anda memperlambat mengunyah makanan, Anda akan lebih sadar dalam mengunyah dan Anda akan lebih bisa menghargai makanan. Menghargai bagaimana makanan Anda dibuat dan mengapresiasi lingkungan yang menciptakan makanan dapat membangun dasar hubungan yang sehat dengan makanan.

0 comments:

Post a Comment

 

© Copyright 2010 oleh HariZ| Powered By : Blogger