Wednesday, March 11, 2015

Lima Penyakit Ini Rentan Dialami Lelaki

Suara.com - Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan lima masalah kesehatan yang kerap dialami para lelaki. Menurut Kevin Polsley dari Loyola University, laki-laki nampaknya harus mulai peduli dengan kesehatan mereka.

1. Penyakit jantung
Satu dari lima masalah kesehatan yang menjangkit laki-laki adalah penyakit jantung. Lelaki memiliki risiko paling tinggi dibanding perempuan mengalami serangan jantung.

Risiko juga semakin besar jika disertai dengan kebiasaan merokok, memiliki riwayat tekanan darah tinggi, kolesterol dan diabetes. Polsley mengungkapkan bahwa pencegahan primer dengan rutin pemeriksaan ke dokter bisa membantu mengurangi risiko.

2. Sleep apnea
Diperkirakan 18 juta orang Amerika mengidap gejala sleep apnea (gangguan tidur)seperti mendengkur, terbangun di malam hari untuk buang air kecil, sakit kepala di pagi hari, dan bangun dengan mulut yang kering.

Jika tidak segera diatasi, sleep apnea bisa menyebabkan penyakit jangka panjang seperti tekanan darah tinggi, serangan jantung, stroke, gagal jantung. Polsley merekomendasikan kaum Adam ini untuk memeriksakan gejala sleep apnea yang diidap dan segera mendapatkan pengobatan.

3. Hipertensi (tekanan darah tinggi)
Riwayat keluarga dan obesitas adalah penyebab utama timbulnya hipertensi. Untuk pencegahan sebaiknya Anda mengurangi konsumsi garam berlebihan. Tak cukup hanya mengurangi asupan garam, Anda yang berisiko juga harus mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

4. Kolesterol
Laki-laki bisa memiliki kolesterol tinggi meski tak ada keluarga yang turut mengidap penyakit ini. Mengubah pola makan dan rutin melakukan aktivitas fisik disinyalir bisa mencegah peningkatan kolesterol pada diri seseorang. Perbanyak konsumsi suplemen minyak ikan juga terbukti dapat menurunkan kolesterol yang tinggi.

5. Kanker usus besar 
Kanker usus besar menempati masalah kesehatan kelima yang rentan dialami laki-laki. Deteksi dini sangat penting dilakukan terlebih bagi Anda yang memiliki riwayat keluarga dengan kanker usus besar. Itulah sebabnua kolonoskopi sebaiknya menjadi skrining wajib bagi pria setelah menginjak usia 50 tahun ke atas. (Zeenews)

0 comments:

Post a Comment

 

© Copyright 2010 oleh HariZ| Powered By : Blogger