Friday, February 27, 2015

Belajar CMS: Membuat Toko Online Dengan Virtuemart

irtuemart adalah modul tambahan dari Joomla yang digunakan untuk toko online atau e-commerce. Untuk menggunakan virtuemart tentunya anda harus menginstal CMS joomla terlebih dahulu. Untuk instalasi Joomla silahkan untuk mempelajari lagi di artikel belajar membuat Website dengan CMS Joomlasebelumnya Bab CMS yaa.
Sekarang langsung saja saya bahas bagaimana cara install virtuemartnya, ikuti langkah – langkahnya dibawah ini:

INSTALASI ;

1. Download versi terbarunya di http://dev.virtuemart.net/projects/virtuemart/files


Pada bagian atas terdapat test version, disitu sudah terdapat fitur2 baru dan bugs yang sudah diperbaiki. Test version ini digunakan hanya untuk menguji saja, sedangkan kalau digunakan untuk website gunakan yang stable version.
2. Unzip file yang sudah di download, Extraknya akan ada 2 zip file yaitu :

- com_virtuemart.2.x.y.zip , yang terdiri dari file utama dari virtuemart.
- com_virtuemart.2.x.y_ext_aio.zip, yang terdiri dari semua modul dan komponen yang dibutuhkan virtuemart.

3. Insal dan Upload filenya, melalui Joomla Extention Manager. yang pertama kali di upload adalah file utama dari virtuemart.

4. Kemudian upload dan install file yang kedua yaiu com_virtuemart.2.0.2_ext_aio.zip , FYI aio adalah singkatan dari All In One. Disini akan terinstal juga beberapa modul dan plugin gratis yang disuplay oleh tim virtuemart.



Setelah proses Instalasi selesai, Virtuemart siap digunakan.
KONFIGURASI
Untuk mengakses silahkan login di cpanel joomla anda, isalnya namasitusanda.com/administrator, login dengan username dan password anda lalu untuk mengatur atau konfigurasi virtuemart klik components – virtuemart, maka akan terlihat dilayar seperti dibawah ini :

0 comments:

Post a Comment

 

© Copyright 2010 oleh HariZ| Powered By : Blogger