Sunday, April 5, 2015

Inilah Beberapa Manfaat Daun Zaitun untuk Kesehatan

Salah satu manfaat daun zaitun adalah sebagai penguat tulang.
Inilah Beberapa Manfaat Daun Zaitun untuk Kesehatan

VIVA.co.id - Salah satu manfaat daun zaitun adalah sebagai penguat tulang. Hal ini dikarenakan daun zaitun mengandung oleuropein, yang dapat meningkatkan produksi sel yang berperan dalam pembentukan dan penguatan tulang.
Daun zaitun juga dipercaya mampu mencegah timbulnya ostoporosis. Manfaat sehat daun zaitun yang lain adalah mengurangi kolesterol, yang juga disebabkan karena kandungan oleoropein.
Oleoropein akan menyebabkan tekanan darah menurun secara efektif, mencegah pembentukan gumpalan darah, menyeimbangkan kadar gula dan menstabilkan denyut jantung. Dengan menurunnya tekanan darah, maka kolesterol dalam tubuh juga berkurang.
BacaTips.Com - Banyak sekali tanaman yang ada di bumi ini yang memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan manusia, salah satunya adalah zaitun. Zaitun adalah tanaman kecil tahunan dan hijau abadi. Buah zaitun yang masih muda dapat dmakan mentah, namun buah yang tua diperas dan diambil minyaknya yang biasa digunakan untuk bumbu salad. Selain itu, minyak zaitun saat ini juga digunakan dalam pembuatan kosmetik karena dipercaya mampu menjaga kelembaban dan kekencangan kulit  tubuh. Ternyata, bukan hanya buah atau minyaknya saja yang bermanfaat, tapi juga daunnya. Manfaat sehat daun zaitun ini cukup banyak bagi kesehatan manusia. Bahkan di Maroko, daun zaitun memang sudah digunakan sebagai pengobatan tradisional. Tidak heran tanaman ini disebut sebagai tanaman multiguna.
Salah satu manfaat daun zaitun adalah sebagai penguat tulang. Hal ini dikarenakan daun zaitun mengandung  oleuropein yang dapat meningkatkan produksi sel yang berperan dalam pembentukan dan penguatan tulang. Daun zaitun juga dipercaya mampu mencegah timbulnya ostoporosis. Manfaat sehat daun zaitun yang lain adalah mengurangi kolesterol yang juga disebabkan karena kandungan oleoropein. Oleoropein akan menyebabkan tekanan darah menurun secara efektif, mencegah pembentukan gumpalan darah, menyeimbangkan kadar gula dan menstabilkan denyut jantung. Dengan menurunnya tekanan darah, maka kolesterol dalam tubuh juga berkurang. Daun zaitun juga mengandung anti bakteri karena oleuropein mampu menjadi pelindung tubuh dari serang bakteri dan virus yangmerupakan sumber penyakit, salah satunya flu.
Daun zaitun juga mengandung antioksidan yang tinggi yang akan melindungin tubuh dari radikal bebas yang akan memicu timbulnya berbagai macam penyakit. Selain antioksidan, daun zaitun juga mengandung zat anti kanker seperti luteolin, apigenin dan cinchonine  yang mampu memerangi jumlah sel kanker yang meningkat. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa daun zaitun yang dijinkan pada hewan uji coba mampu menghambat perkembangan kanker hati. Selain kanker hati, daun zaitun juga mampu menghambat perkembangan kanker payudara karena asam oleatnya mampu memotong ekspresi gen penyebab kanker payudara. Begitu besar manfaat sehat daun zaitun memberikan sebuah terobosan baru dalam dunia kesehatan. Karena itulah, jika menginginkan tubuh yang sehat, tidak ada salahnya jika  kita mengkonsumsi daun zaitun ini.

0 comments:

Post a Comment

 

© Copyright 2010 oleh HariZ| Powered By : Blogger