1. Bunyi Berderit Pada Bagian Depan saat melewati jalan bumpy atau polisi tidur. 2. Bunyi Gluduk di bagian depan saat Melewati Jalan tidak Rata dan Berbelok .
1.Berdasarkan Pengalaman penulis , penyebab yang paling sering terjadi untuk point 1 adalah : Kerusakan pada Arm atas. Cara Memperbaikinya adalah dengan mengganti Part Tersebut. Caranya cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Seperyi terlihat pada foto 2 , cukup dengan membuka baut nomor 1 , 2 , 3, 4 dan 5 . Baut nomor 1 dan 5 terlihat jelas saat kita membuka kap mesin. foto no 3
Estimasi Waktu yang dibutuhkan Untuk Perbaikan: 10 s/d 30 Menit.
Estimasi Biaya : Part KW : sekitar Rp 275.000,- Part Merek Chiban atau 555. Orisinil sekitar Rp 500.000-
Derajat / Tingkat Kesulitan : Ringan / Pemula.
SUSPENSI DEPAN ( Arm Atas )
Ball Joint Bawah Suspensi Depan ( no Photos )
Kerusakan pada bagian ini pada kondisi yang tidak terlalu parah menyebabkan bunyi seperti logam bergesek ( Berdecit ) saat mobil di belokkan ke kanan atau ke kiri. Hal ini lebih jarang terjadi dibandingkan dengan suspensi bagian atas. Berdasarkan pengalaman penulis , menginjak usia 18 Tahun , kondisi balljoint bagian bawah ini masih cukup baik dan tidak perlu diganti.
Pada kondisi yang lebih parah , kerusakan balljoint pada bagian bawah menyebabkan bunyi gluduk saat melewati jalan yang rusak , pengendalian mobil kurang presisi dan tidak bisa di spooring.
Ball Joint Bawah Suspensi Belakang ( no Photos ).
Kerusakan balljoint pada bagian bawah menyebabkan bunyi gluduk saat melewati jalan yang rusak.
Tingkat kesulitan Memperbaikinya : Medium / Intermediete.
Cara memperbaiki kerusakan balljoint bagian bawah baik di suspensi depan atau belakang lebih sulit daripada balljoint/ arm bagian atas karena lebih banyak baut dan part lain yang harus dibuka. Oleh karenanya tidak dijelaskan dalam topik ini.
Rekomendasi Harga Pahe.
Memakai Part KW semisal merk 555 ,atau Chiban , usia pakai kondisi jalan normal sekitar 3 s/d 5 tahun. Dengan syarat selalu kita check pelumasan balljoint dan karet/ Boot Balljoint tidak getas/jebol. Harga Boot Rp 5000,-
MAIN RELAY
Letak Main Relai ini adalah persis di atas kaki Pengemudi ( Di dalam dasboard )
Cara Kerja relai adalah , saat posisi kontak On , relay bekerja sekitar 5 detik membuat fuel pump bekerja mensuplay bensin menuju injector. Sesaat kemudian itu relay mati ( diskonek ).
Saat Posisi kontak – Starter , relay kembali on dan mengalirkan listrik agar fuel pump kembali bekerja.
Guna relay ini adalah memastikan pasokan bensin tercukupi saat akan starter dan ari segi keamanan , agar saat posisi kontak ON , bensin tidak selalu mengalir menuju injector. Jadi bensin hanya mengalir saat mesin sudah running saja.
Banyak teknisi pemula yang salah faham atas masalah ini. Rata rata mereka mengira kerusakan terjadi karena fuel pump mati/ rusak.
Cara memperbaikinya adalah dengan membuka soket relay , dan menyolder kembali / menebali jalur jalur sirkuitnya dengan timah. Usia pakai setelah repair hampir Life Time karena solderan jauh lebih kuat dan tidak akan menimbulkan retak kembali.
FUEL PUMP
Kerusakan Fuel Pump terjadi saat mobil menginjak usia 17 Tahun:
Tingkat kesulitan medium
Lama pengerjaan 2 s/d 4 jam tergantung keahlian.
Harga Nippondenso rp 450.000,- s/d rp 500.000,-
Tidak dijabarkan dalam topik ini karea harus membuka banyak pipa karet fuell dan tangki bensin.
KOKEL LUAR.
ciri kerusakan kokel luar , saat mobil berbelok bunyi tek2.
Penyebab , boot kokel sobek sehingga grease keluar dan tidak melumasi kokel.
KOKEL DALAM.
Ciri kerusakan saat ada hentakan misal posisi gigi 1 dan 2 ada suara tek di bagian transmisi.
Ciri kerusakan yang lain adalah saat mobil berakselerasi keras yang mengayun , maka ada getaran hebat seolah dari mesin sampai terasa ke body. Goyangan ane analogikan seperti kondsi ban yang kembung dipakai untuk kecepatan tinggi.
STATIONER / IDDLE NAIK TURUN SAAT PAGI HARI. Dan normal saat temperatur mesin sudah panas.
Kerusakan terjadi pada komponen EACV seperti terlihat pada panah nomor 2.
Tidak mempengaruhi performa engine secara keseluruhan.
Masalah Indicator Brake Lamp Menyala.
Hal ini seringkali terjadi.
Pada foto terlihat kotak berwarna coklat ( ditandai dengan panah ).
Kotak itu berisi komponen yang akan mengalirkan arus ke indicator brake lamp saat lampu putus.
Mengenai permasalahan indicator meyala walaupun lampu rem tidak putus itu bisa terjadi karena :
1. kabel dari sensor yang menuju ke lampu rem putus
2. koneksi kabel kurang baik. bisa terjadi karena mungkin terkena air sehingga mengakibatkan karat pada soket2nya.
Pada foto juga terlihat , saya membuat kabel tambahan berwarna coklat , yang terkoneksi pada fiting lampu rem. Tujuannya adalah memperbaiki / membypass koneksi dari sensor. Sehingga sensor membaca lampu rem tidak putus.
Cara membuka termostat cooling system engine.
Banyak pertanyaan yang menanyakan bagaimana cara mengecek atau melepas termostat.
Pada foto terlihat letak termostat. Cara membukanya adalah , terlebih dahulu buka baut no 1, 2 dan 3.
Buka housing aluminium , dimana termostat berada.
Lepas termostat. Beri sealer yang banyak agar tidak terjadi kebocoran.
Pasang kembali housing tersebut.
Pasang kembali baut no 1 , 2 dan 3.
0 comments:
Post a Comment