Monday, March 9, 2015

Cara Mudah Trouble Shooting Honda Accord Maestro Dan Cara memperbaikinya Sendiri bagi Pemula Bagian 2

V- BELT
Bunyi Berdecit saat melewati Jalanan banjir.
Penyebab : V- Belt kendor.
Keteragan V belt no 3 untuk Power steering
no 2 untuk AC.
Estimasi lama pengerjaan : 10 menit.
Tingkat kesulitan : pemula

ps alternator ac1

Sekering / fuse dan Relay

sekering fuse
Cara untukmereset ECU adalah copot sementara sekitar 20 detik sekring no 1 ( backup ).
Maestro tidak memerlukan Relay Tambahan untuk Lampu Utama ( kabel set yang biasa ditawarkan pedagang ) , karena sudah Built – In dari pabrikan. Menambah kabel set justru membuat kemungkinan aliran listrik nge fong atau terhambat dan rentan rusak.
ENGINE MOUNTING
karusakan menyebabkan getaran mesin terasa sampai ke kabin secara berlebih. terutama bila AC ON.
mounting
ada 4 engine mounting yaitu  1 di depan ( foto ) , samping ada 2 , dan belakang ( Gunungan istilahnya ) ada 1.
Trik : Berikan karet silikon untuk mounting seperti terlihat dalam foto berwarna merah. membuat karet mounting lebih awet karena tidak langsung terpapar panas.
Rekomendasi Pahe:
Dengan cara tersebut Merk KW seharga Rp 125.000,- sudah cukup mumpuni menggantikan orisinil seharga Rp 400.000,-. Usia pakai antara 2 s/d 4 tahun.
Lama pengerjaan 20 sd 1 jam.
Kesulitan : Medium.

kampas rem

kampas rem
 Bagi yang ingin menghemat walau tidak di rekomendasikan  ,  Pahe  Part KW seharga Rp 100.000 merk terkenal , cukup mumpuni menggantikan brake pad ori. Usia pakai antara 3 s/d 5 tahun. Berdasarkan uji coba selama 3 tahun memakai merk KW , ketebalan dan daya cengkram relative sama dengan ori.
Kesulitan : Medium.

Cover Radiator atas  Bawah dan Electrik Fan 1 ( Foto )

radiator
Cover Plastik bagian bawah retak halus saat menginjak usia 12 tahun .
Harga part Cover Plastik merk ND : Rp 275.000
Cover Bagian Atas , retak halus saat 18 Tahun. harga sama.
Kesulitan : Advance . Serahkan Pada tukang Radiator.
Radiator tidak dianjurkan untuk di servis dengan cara digosok2 karena justru membuat rentan bolong. Dengan pemakaian coolant yang baik , bisa dikatakan usia radiator lifetime tanpa karat.
Motor Fan1 rusak menginjak usia 18 tahun.
Solusi pahe , ganti punya avanza. Persis ( Plug n Play ) harga sekitar rp 200.000,-
Rekomendasi Pahe , beli di tukang dinamo fan avanza ori dengan kondisi baik belum dibongkar seharga rp 60.000,-
Usia pakai estimasi  6 tahun.
PIPA BESI  WATER PUMP
Kebocoran terjadi menginjak usia 18 tahun.
Posisi persis diatas filter oli. Seolah2 air bocor dari mesin.
harga Rp 90.000,-
Usia pakai est belasan tahun dengan coolant.
Kesulitan : Medium.
SELANG KARET U.
Bocor saat usia 15 Tahun.
Posisi tampak pada foto , no 1 ( di bawah panah )
throtel
Jangan mengganti dengan Merk KW. karena usianya hanya bulanan.
Harga Ori Rp 125.000,-
Kesulitan : Pemula.
Est pemasangan : 5 Menit.

0 comments:

Post a Comment

 

© Copyright 2010 oleh HariZ| Powered By : Blogger