Wednesday, April 1, 2015

Pakaian Dalam Sehat

akarta, Rani, salah seorang pembaca detikHealth, mengeluh gatal-gatal di area genitalnya. Setelah periksa ke dokter spesialis kulit dan kelamin, ternyata penyebabnya adalah infeksi jamur akibat area vagina yang terlalu lembab. Usut punya usut, ternyata hal itu dipicu penggunaan celana dalam yang lembab karena keringat.

Celana dalam memang dibuat untuk menutupi organ intim. Namun jika kebersihannya diabaikan, risiko kesehatan bisa menghantui, seperti yang dialami Rani. dr Abraham Arimuko SpKK dari RSPAD Gatot Soebroto mengatakan risiko infeksi jamur bisa terjadi akibat penggunaan celana dalam ketat.

"Itu (celana dalam ketat) juga bisa bikin daerah kelamin jadi lembab. kalau aktivitas banyak dan berkeringat, terus nggak segera diganti ya jamur jadi betah," kata dr Abraham dalam perbincangan dengn detikHealth dan ditulis pada Rabu (1/4/2015).

Baca juga: Wanita Suka Pakai Celana Ketat? Hati-hati Ini Bahayanya

Hal senada disampaikan dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK, dari D&I Skin Centre Bali. "Kulit kalau penggunaan celana dalam terlalu lama dan ketat akan membuat berkeringat dan menibulkan jamur," kata dr Nyoman saat dihubungi terpisah.

Dikatakan dr Nyoman, pada perempuan, celana dalam fungsinya untuk menutupi organ intim saja. Namun pada laki-laki, celana dalam tak sekadar menutupi organ intim karena berfungsi pula untuk menahan buah zakar agar tidak kendor.

Bra, sebagai pakaian dalam untuk perempuan juga berfungsi menahan payudara, sehingga membuat perempuan lebih nyaman dalam beraktivitas. Namun ada kalanya punggung seorang perempuan lecet akibat penggunaan bra. Biasanya ini terjadi karena bra yang terlalu ketat atau karena bra berkawat yang telah rusak, sehingga kawatnya menyembul dan menekan kulit.
Karena itu disarankan agar tidak menggunakan pakaian dalam, baik celana dalam maupun bra yang ketat. Memang sih fungsi menutup organ intim tetap bisa dilakukan pakaian dalam yang ketat, namun ada efek 'menyakiti' yang harus diperhatikan.

Nah, pembaca detikHealth, ulasan khas kali ini adalah tentang 'Pakaian Dalam Sehat'. Akan diulas tentang risiko kesehatan di balik penggunaan celana dalam dengan model thong yang super seksi, bahaya tidaknya menggunakan pakaian dalam bekas, juga 'aturan' mengganti pakaian dalam.

Selamat membaca.


0 comments:

Post a Comment

 

© Copyright 2010 oleh HariZ| Powered By : Blogger