Friday, February 13, 2015

7 Cara Efektif untuk Hidup Bahagia Tanpa Hutang

7 Cara Efektif untuk Hidup Bahagia Tanpa Hutang
VIVA.co.id - Apakah Anda saat ini gaji bulanan Anda habis hanya untuk membayar hutang? Tentu hal itu tidak menyenangkan. Oleh karena itu, agar bisa hidup bahagia tanpa hutang, seringkali Anda perlu memotong pengeluaran Anda. Memang, rasanya tidak menyenangkan.
Namun, agar Anda tidak kehabisan uang di setiap bulannya untuk pengeluaran yang tidak perlu, sepertinya memotong pengeluaran bulanan harus dilakukan. Tanpa disadari, jika Anda mau sedikit mengubah pola hidup Anda de

1. Tinggallah bersama Orang Tua Anda, jika memungkinkan

Mungkin rasanya tidak menyenangkan jika kita sudah dewasa, namun masih hidup bersama orang tua. Namun, hal itu mungkin solusi terbaik dibanding jika Anda harus membayar sewa kontrakan atau tempat kos setiap bulan yang mencapai jutaan rupiah. Memang, hidup mandiri bisa membuat Anda merasa lebih bebas, namun saat ini biaya untuk mengontrak tempat tinggal, terutama di kota besar, tidaklah murah. Biaya untuk mengontrak tempat tinggal biasanya sudah cukup membuat Anda kehilangan sekian penghasilan bulanan Anda. Nah, dengan tinggal bersama orang tua, Anda bisa mengalokasikan uang Anda untuk kebutuhan yang lain, atau bahkan melunasi tagihan hutang Anda.

2. Bersepeda ke kantor

Meski kurang populer, bersepeda ke kantor bisa jadi solusi penghematan terbaik untuk Anda, terlebih jika lokasi tempat tinggal dan kantor tidaklah jauh. Memang, rasanya tidak terlalu nyaman saat bersepeda ke kantor, dan tidak keren. Namun, bersepeda juga memiliki sisi positif karena kita tak perlu memikirkan pajak tahunan kendaraan kita, serta ongkos untuk membeli bensin. Di kota besar seperti Jakarta, saat terjadi kemacetan, pergi ke kantor mengendarai sepeda seringkali lebih cepat dibanding saat kita mengendarai sepeda motor atau mobil.

3. Memasak Masakan Sendiri dan Menghindari Alkohol

Salah satu cara cepat untuk mendapatkan makanan adalah dengan membelinya di restoran atau rumah makan. Namun, uang yang harus kita keluarkan setiap membeli makanan seringkali tidak sedikit. Ambil contoh, jika Anda menghabiskan uang Rp 30 ribu – Rp 40 ribu dalam sekali makan, dan Anda makan 3x sehari, maka Anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 630 ribu – Rp 840 ribu per minggu, atau dengan kata lain, Anda menghabiskan uang sebanyak Rp 2,5 juta – Rp 3,36 juta per bulan hanya untuk makan. Dengan memasak masakan sendiri di akhir pekan, Anda bisa mengurangi pengeluaran Anda setiap bulan dengan jumlah yang signifikan.

Selain itu, jangan biarkan Anda terjebak dengan pengaruh alkohol. Selain dilarang oleh agama, terutama bagi Anda yang muslim, serta membuat kesehatan Anda menurun, alkohol bisa membuat Anda ketagihan dan secara otomatis membuat Anda mengeluarkan biaya ekstra hanya untuk minum-minum. Jadi, sebisa mungkin jauhi alkohol dari hidup Anda.ngan beberapa tips berikut, Anda bisa mengurangi risiko terlilit hutang yang tidak perlu.
Mungkin rasanya tidak menyenangkan, jika kita sudah dewasa, namun masih hidup bersama orang tua. Namun, hal itu mungkin solusi terbaik dibanding, jika Anda harus membayar sewa kontrakan atau tempat kos setiap bulan yang mencapai jutaan rupiah.

4. Tidak menggunakan kartu kredit

Kartu kredit membuat kita bisa berbelanja dengan mudah. Itu adalah keuntungan dari kartu kredit yang tidak bisa disangkal. Namun, banyak orang tidak bisa membatasi pengeluaran mereka saat memegang kartu kredit. Akhirnya, mereka harus mengeluarkan banyak uang untuk membayar tagihan kartu kredit pada bulan berikutnya. Apakah Anda ingin merasakannya juga?

Dengan meninggalkan kartu kredit, Anda bisa mengerem nafsu belanja Anda sekaligus menghemat pengeluaran bulanan.

5. Jual Mobil Anda

Mobil adalah salah satu sarana untuk menunjukkan bahwa Anda sudah mencapai kesuksesan finansial. Dengan membeli mobil, Anda bisa semakin percaya diri karena status Anda di mata rekan dan lingkungan akan semakin tinggi. Namun, kenikmatan itu tidaklah gratis. Mobil bisa menjadi media untuk menghabiskan uang Anda, apalagi jika mobil tersebut tidak memberi keuntungan finansial bagi Anda. Bayangkan, Anda harus membeli bahan bakar secara rutin, serta harus membayar asuransi, pajak dan tentunya biaya perawatan mobil yang tidak sedikit.

Solusinya, Anda bisa menggunakan sarana transportasi yang lebih murah, seperti motor, angkutan umum, atau SEPEDA.

6. Cobalah untuk membatasi pengeluaran harian Anda

Bisakah Anda bertahan hidup dengan uang Rp 50 ribu per hari? Mungkin hal ini terasa berat bagi Anda yang terbiasa menghabiskan uang ratusan ribu setiap hari. Namun, tips ini tak ada salahnya untuk dicoba. Cobalah bertahan dengan budget Rp 50 ribu selama seminggu. Apakah Anda bisa bertahan? Dengan membatasi pengeluaran harian Anda, tanpa disadari Anda akan paham mana barang yang perlu dibeli dan mana yang tidak perlu dibeli.

7. Berliburlah ke tempat wisata lokal

Liburan ke luar negeri, seperti liburan ke Singapura atau ke Eropa, bisa menjadi tujuan liburan yang sempurna. Namun, mengapa Anda harus mengeluarkan uang puluhan juta rupiah untuk berlibur ke luar negeri jika di Indonesia masih banyak wisata alam eksotis yang belum pernah Anda kunjungi? Anda bisa mengunjungi tempat wisata lokal yang indah dan menenangkan pikiran Anda disana. Apalagi, ada banyak tempat wisata di Indonesia yang keindahannya tidak kalah dibanding tempat wisata di Eropa atau di Singapura. Ini adalah alternatif yang lebih baik, dan tentu saja, lebih murah.

Nah, 7 Tips diatas adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat pengeluaran, sekaligus membuat Anda bisa hidup bahagia tanpa hutang. Anda tak perlu melakukan semua tips diatas, praktekkan saja sebagian tips yang bisa Anda lakukan. Semoga tips diatas bisa membantu Anda terbebas dari jeratan hutang dari kehidupan Anda.


0 comments:

Post a Comment

 

© Copyright 2010 oleh HariZ| Powered By : Blogger