Wednesday, February 25, 2015

Belajar PHP Include dan require

Saya yakin, anda pernah menulis beberapa baris kode yang sama berulang-ulang pada beberapa file yang berbeda bukan? Nah, pernyataan PHP include atau require akan membantu kita memecahkan masalah ini.
Pernyataan include dan require pada PHP akan mengambil semua teks dan kode yang ada dalam file yang disebutkan. Pernyataan PHP ini kemudian akan menduplikasikan teks atau kode tersebut ke dalam file yang menggunakan pernyataan include atau require.
Menyertakan file lain dengan menggunakan include seperti ini akan terasa sangat berguna ketika anda perlu menggunakan file PHP, HTML atau teks lainnya seperti .inc atau .sql  yang sama berkali-kali pada beberapa file yang berbeda. Dengan menggunakan perintah PHP include atau require ini, kita bisa:
  • menghemat waktu penulisan kode
  • menghindari kesalahan mengetik kode yang berulang
  • mempermudah proses edit
Belajar Pernyataan PHP include dan require
Kita dapat menyisipkan isi dari sebuah file PHP, HTML atau lainnya ke dalam file PHP lain sebelum server mengeksekusi kode di file utama, dengan menggunakan pernyataan include atau require. Kedua pernyataan ini sangat mirip, dan hanya memiliki sedikit perbedaan yang terkait dengan error yang terjadi dalam eksekusi. Saya akan jelaskan masalah error ini terlebih dahulu sebelum kita mempelajari sintaksnya.
require akan menghasilkan fatal error (E_COMPILE_ERROR) dan menghentikan eksekusi skrip PHP.
include hanya akan menghasilkan peringatan (E_WARNING) sementara eksekusi skrip akan tetap berjalan.
Jadi, kika andaingin agar eksekusi tetap berjalan dan menunjukkan hasilny apada pengguna web, meskipun katakanlah file yang dipanggil tidak ada, anda bisa menggunakan pernyataaan PHP include. Namun demikian, jika anda mengerjakan kode PHP yang rumit, sebaiknya gunakan require terutama untuk-file-file kunci misalnya user dan password database. Penggunaan pernyataan PHP require ini akan menghindari ancaman keamanan dan integritas pada aplikasi yang anda buat.
Sebagaimana sudah saya sampaikan sebelumnya, penggunaan pernyataan PHP include ini dapat sangat membantu kita lho. Sebagai contoh, kita bisa membuat header, footer dan menu yang standar bagi seluruh halaman web kita. Dan tentu saja, akan menghemat waktu kita saat ingin mengubah header, footer atau menu tersebut di kemudian hari.
Sintaks:
include ‘namafile’;
atau
require ‘namafile’;
Anda bisa menggunakan lokasi absolut maupun relatif pada namafile tersebut.

0 comments:

Post a Comment

 

© Copyright 2010 oleh HariZ| Powered By : Blogger