Wednesday, February 25, 2015

Belajar PHP: Membaca File Teks Menggunakan PHP

Melakukan penanganan file merupakan keahlian penting yang harus anda pelajari saat belajar PHP. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan mengetahui cara menangani file dengan bantuan PHP. Misalnya melakukan upload file dengan PHP, mengcopy file dengan PHP, dan berbagai fungsi pengelolaan file lainnya. Kita bahkan bisa mengedit file dengan menggunakan PHP. Penasaran? Yuk kita mulai belajar pengelolaan file PHP dengan mempelajari cara membaca file teks dengan menggunakan PHP.
PHP menyediakan sebuah fungsi yang menarik untuk membaca file teks yaitu fungsi readfile(). Misalnya kita memiliki sebuah file teks yang bernama contoh.txt. Isi file teks tersebut misalnya seperti ini:
Belajar PHP itu penting lho. Dengan belajar PHP, kita akan bisa membuat website dinamis yang bisa berinteraksi dengan pengunjung dan mengakses database. Kita bahkan bisa melakukan manipulasi dan pengelolaan file dengan PHP. Ayo, buruan belajar PHP hanya di prothelon.com.
Nah, kita bisa membaca isi file tersebut dengan membuat sebuah file PHP, misalnya kita namai dengan bacafile.php. Saya asumsikan kita meletakkan file bacafile.php dengan contoh.txt pada folder yang sama. Kode yang menjadi isi bacafile.php adalah seperti ini:
?
1
2
3
4
5
<?php
 
echo readfile("contoh.txt");
 
?>
Sederhana bukan?
Namun anda harus hati-hati pada saat melakukan peroperasian file dengan PHP. Beberapa kesalahan yang mungkin terjadi saat melakukan operasi file dengan PHP adalah:
  • Mengedit file yang keliru
  • Mengisi harddisk dengan data sampah
  • menghapus isi sebuah file tanpa sengaja
  • dll.
So, hati-hati saat belajar dan mempraktikkan kode-kode PHP tentang pengoperasian file ya. Kita akan mempelajari cara membuka file dengan bantuan fungsi PHP yang lain yaitu fopen() pada tutorial selanjutnya.

0 comments:

Post a Comment

 

© Copyright 2010 oleh HariZ| Powered By : Blogger