Friday, February 6, 2015

Fungsi Baru Smartphone, Jadi Tes Uji HIV

HIV/AIDS
REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK - Para peneliti dari Universitas Columbia Amerika Serikat menemukan fungsi baru sebuah smartphone. Yakni untuk melakukan tes HIV dan sifilis. 

Riset dipimpin oleh Samuel Sia, profesor teknis biomedis. Pengujian dilakukan dengan memasangkan alat tambahan ke lubang audio sebagai ponsel. Alat seharga 34 dolar tersebut melakukan pengujian dari darah dan cairan antibodi yang diteteskan.

Cara kerjanya sama seperti tes assah enzyme-linked immunosorbent (ELIZA), tes umum HIV. Yang juga menarik hasilnya bisa diketahui hanya dalam hitungan menit bukan lagi berjam-jam seperti tes tradisional.

"Apa yang kami lakukan menunjukkan bahwa laboratorium immunoassay berkualitas dapat dijalankan penuh pada sebuah aksesoris smartphone," kata Sia yang dilansir Bangkok Post, Kamis (5/2).

Studi awal melibatkan 96 perempuan di Rwanda, yang diterbitkan dalam jurnal Science Translational Medicine.Hasil riset ini diharapkan mampu membantu klinik-klinik di wilayah terpencil dengan fasilitas laboratorium yang minim.

"Dengan menggabungkan mikrofluida dan kemajuan perangkat elektronik konsumen dapat membuat laboratorium yang bisa diakses hampir semua penduduk. Kemampuan semacam ini dapat mengubah pelayanan kesehatan di seluruh dunia," tambahnya.

0 comments:

Post a Comment

 

© Copyright 2010 oleh HariZ| Powered By : Blogger