Monday, February 23, 2015

Script PHP Mengirim E-mail dari Form

Baiklah, sekarang kita akan mencoba membuat script PHP untuk mengirimkan email, sederhana kok, yuk kita lihat.
Dalam tutorial sebelumnya, kita sudah membuat form HTML yang akan menerima input alamat email dan pesan. Ada 2 hal penting yang ada dalam form HTML tersebut yaitu:
File tersebut akan menjalankan file sendmail.php setelah pengunjung mengklik Submit; dan
Variabel yang digunakan dalam script Form tersebut adalah email dan pesan.
Mari kita coba buat script PHP sendmail.php yang akan dieksekusi setelah script form HTML tersebut. Silakan buat file ini dalam notepad dan simpan dengan nama sendmail.php.
?
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
  
 
<?php
 
$email = $_REQUEST['email'] ;
 
$pesan = $_REQUEST['pesan'] ;
 
mail( "namaanda@namadomain.com", "Isi pesan pengunjung",
 
$pesan, "Dari: $email" );
 
header( "Location: http://www.namadomain.com/terimakasih.html" );
 
?>
Saya akan jelaskan baris demi baris script PHP mengirim email di atas ya. Perhatikan baik-baik:
  • Baris pertama dan kedua adalah baris-baris yang fungsinya untuk menangkap variabel email dan pesan dari file form HTML yang sudah kita buat sebelumnya. Setelah kita mengklik tombol Submit dari file form HTML tersebut, maka file Form HTML akan mengirimkan variabel email dan pesan ke file sendmail.php. Kita bisa menangkap kedua variabel tersebut menggunakan $_REQUEST.
  • Baris berikutnya, kita menggunakan fungsi mail() dari PHP untuk mengirimkan email. Ini adalah inti dari script PHP untuk mengirimkan email yang kita buat. Fungsi mail() PHP ini menggunakan beberapa parameter. Berikut parameter yang digunakan saya sebutkan secara berurutan mulai depan: alamat email tujuan, Judul email, isi pesan dan pengirim.
  • Baris terakhir adalah baris tambahan yang fungsinya adalah melakukan pengalihan, forwarding atau redirect menggunakan PHP  ke halaman terimakasih.html. Sehingga, setelah script PHP ini selesai mengirimkan email, kita akan menampilkan halaman terimakasih pada pengunjung yang sudah memberikan pesan.

0 comments:

Post a Comment

 

© Copyright 2010 oleh HariZ| Powered By : Blogger