Friday, May 1, 2015

Hukuman Fisik Bikin Anak Tidak Berkembang

Hukuman Fisik Bikin Anak Tidak Berkembang

HUKUMAN fisik tidak harus diterapkan pada anak yang melanggar kedisiplinan. Setiap orangtua memiliki caranya sendiri dalam menerapkan kedisiplinan pada anak. Ada yang secara tegas ada juga yang longgar.
 
Orangtua dari Glen Thomas menerapkan hukuman dengan cara membatasi aktivitas putra mereka. Glen adalah salah salah satu finalis Indonesian Idol Junior musim pertama.
 
“Ketika Glen melanggar aturan, kami melarangnya untuk melakukan aktivitas yang dia suka selama beberapa waktu. Misalnya, Glen sangat suka berenang, jadi kami tidak memperbolehkannya,” jelas orangtua Glen saat ditemui Okezone dalam acara ulang tahun SMN di Gedung Global TV, beberapa waktu lalu.
 
Orangtua Glen tidak memberlakukan hukuman fisik, tetapi menumbuhkan kesadaran pada diri anak bahwa dia bersalah. Bagi mereka, hukuman fisik dapat membuat anak minder. Hal ini juga dapat menghambat potensi anak yang sedang berkembang.
 
“Kalau kita marahi dia bisa kesal tapi tidak tahu letak kesalahannya di mana. Menghukum secara keras juga bisa membuat dia down dan kehilangan motivasi. Jadi, kami lebih memilih untuk melakukan pembatasan aktivitas," tutupnya.

0 comments:

Post a Comment

 

© Copyright 2010 oleh HariZ| Powered By : Blogger