Friday, May 1, 2015

Usia Tepat Beri Hukuman pada Anak

Usia Tepat Beri Hukuman pada Anak

MENERAPKAN disiplin pada anak sering dilakukan orangtua dengan cara memberi hukuman. Biasanya hukuman diberikan saat anak tidak bertanggung jawab.
 
Namun, hukuman yang diberi para orangtua sering tidak sesuai dengan kesalahan anak. Orangtua harus bisa membedakan hukuman yang baik dan tidak. Serta hukuman yang baik pada anak diberikan sejak usia berapa.
 
Psikolog anak dan keluarga, Tika Bisono mengatakan, orangtua harus tahu cara memberi konsekuensi yang tepat untuk anak. Mereka harus belajar mengenai hukuman yang baik untuk anak harus seperti apa dan disesuaikan dengan usia.
 
"Orangtua banyak yang tidak paham tentang konsekuensi. Karena memberi konsekuensi itu ada dasarnya, harus ada proses pembelajaran yang berbasis pengembangan diri untuk anak," ujar Tika kepada Okezone beberapa waktu lalu.
 
Lantas, usia berapa anak bisa diberikan hukuman? Tika menambahkan, menghukum anak sebenarnya sudah bisa diterapkan sejak anak mulai mengenal dunia di luar dirinya. Bisa dikatakan, hukuman dapat diterapkan sejak usia enam bulan. Tentunya dengan cara yang baik dan sesuai.
 
"Misalnya, anak marah lalu melempar barang, sejak itu orangtua harus bisa memberi tahu bahwa itu tidak baik dilakukan. Orangtua harus mengatakan, tindakan tersebut akan merusk barang yang mengakibatkan ia tidak memiliki mainan lagi," tutupnya.

0 comments:

Post a Comment

 

© Copyright 2010 oleh HariZ| Powered By : Blogger